Sabtu, 22 Juni 2013

DI CINTAI atau MENCINTAI?



Di cintai lebih baik dari pada mencintai??

               Dari hasil survey yang telah saya jalani, saya telah menanyakan kepada lima orang teman saya. Saya menanyakan kepada mereka “ lebih baik dicintai atau mencintai?”. Mereka semua menjawab lebih baik dicintai. Saya juga kurang begitu tahu, alasan mengapa teman-teman saya itu menjawab lebih baik dicintai dari pada mencintai.
               Dicintai orang lain dan mencintai seseorang tanpa mendapat balasan, sama-sama tidak mengenakkan. Apalagi kalau dalam suatu hubungan hanya ada satu orang yang mencintai dan yang satunya lagi tidak mencintai. Hubungan tersebut tidak akan bertahan lama karena orang yang dicintai itu hanya merasa kasihan kepada orang yang mencintainya sehingga orang yang dicintai itu mau menjalankan suatu hubungan dengan orang yang mencintainya tetapi tidak ia cintai.
               Sebenarnya, dicintai oleh orang lain tetapi kita tidak mencintai orang yang mencintai kita rasanya sungguh tidak mengenakkan. Kenapa?? Karena apabila kita sebagai orang yang di cintai tetapi kita tidak mencintai orang yang mencintai kita, kita akan menjadi orang yang sangat egois. Kenapa egois? Karena kita akan bersikap seenaknya saja kepada orang yang mencintai kita. Misalnya, kita akan meminta bantuan kepada orang yang mencintai kita untuk mengerjakan tugas dari dosen yang cukup sulit. Disini sangat terlihat jelas apabila kita bersikap demikian, kita sebagai orang yang dicintai menunjukkan bahwa kita adalah seorang yang  egois. Contoh lainnya, sering kali orang yang mencintai kita selalu menanyakan kabar melalui sms ataupun lewat telepon. Tetapi kita sebagai orang yang dicintai, sering kali mengabaikan sms dan telepon tersebut.
               Tindakan yang tepat sebagai orang yang dicintai adalah harus bersikap tegas kepada orang mencintai kita, yaitu dengan memberitahukan kepada orang yang mencintai kita bahwa kita tidak mencintainya dan jangan berharap banyak terhadap diri kita. Selain itu, kita sebagai orang yang dicintai janganlah bersikap PHP atau pemberi haraan palsu. Mengapa? Karena apabila kita memberikan signal kepada orang yang mencintai kita tetapi kita tidak mencintanya, maka orang yang mencintai kita akan beranggapan bahwa kita mempunyai perasaan yang sama terhadap dirinya. 
               Oleh karena itu, jangan sampai ada hubungan pasangan kekasih dimana dalam hubungan tersebut hanya ada satu orang saja yang mencintai dan yang satunya lagi tidak mencintai. Dalam menjalin sebuah hubungan itu, keduanya harus sama-sama saling mencintai. Kenapa saling? Karena kalau saling mencintai artinya salah satu dari pasangan itu tidak ada yang tidak mencintai tetapi keduanya saling mencintai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar