Sabtu, 06 April 2013

HARAPAN



HARAPAN..

Apa sih harapan itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), harapan adalah (1) sesuatu yang (dapat) diharapkan, misalnya Ia mempunyai harapan memenangkan pertandingan itu; (2) keinginan supaya menjadi kenyataan; (3) orang yang di harapkan atau dipercaya, misalnya pemuda harapan bangsa. Dapat disimpulkan bahwa harapan adalah sesuatu yang diharapkan atau di inginkan supaya menjadi kenyataan.

Menurut saya pribadi, harapan itu berasal dari kata dasar harap yang artinya tidak jauh berbeda dari kata ingin. Harapan itu berisi impian impian yang ada dalam pikiran kita dan tentunya impian tersebut ingin kita capai. Harapan itu bisa berisi impian besar atau impian kecil, tergantung dari masing-masing orang yang mempunyai harapan.

Di awal semester satu, saya mempunnyai harapan mengenai kuliah saya, yaitu saya ingin mendapatkan nilai IPK sebesar 3,50  dan ingin membanggakan ke-2 orang tua saya . Agar harapan saya itu tidak hanya menjadi sebuah angan-angan saja, maka saya melakukan suatu usaha agar harapan saya itu bisa terwujud. Selama perkuliahan di semester satu, saya selalu masuk kuliah tanpa ada bolos kelas satu pun karna apabila saya bolos kelas satu hari saja maka saya akan tertinggal pelajaran. Selain itu, selama proses perkuliahan berlangsung saya menyimak dengan baik materi materi yang disampaikan oleh dosen serta tidak lupa untuk mencatatnya. Saat menghadapi UTS dan UAS, saya belajar dengan sungguh-sungguh, karna ingat akan harapan saya itu. Memang pada sewaktu-waktu saya mengalami titik kejenuhan dalam belajar ketika menghadapi UTS dan UAS, tetapi saya ingat kembali akan harapan-harapan saya itu. Maka pada saat saya mengalami titik kejenuhan, saya meluangkan waktu sebentar seperti mencari udara segar/menonton televisi/mendengarkan musik untuk merefresh otak saya agar fresh kembali. Pada akhirnya, usaha-usaha yang telah saya lakukan selama di semester satu  tidak sia-sia, karena hasil nya pun memuaskan dan melebihi dari apa yang saya bayangkan. Saya mendapatkan IPK mendekati sempurna, diatas dari apa yang saya harapkan. Hal yang tak pernah terbayangkan di otak saya. Saya pun senang dengan hasil tersebut karna sesuai dengan kerja keras saya selama ini. Harapan saya itu tidak lah sekedar angan-angan saja, tetapi menjadi sebuah kenyataan yang sungguh luar biasa bagi saya.

Harapan yang positif dapat memotivasi anda menjadi sosok pribadi yang lebih baik lagi. Harapan juga dapat membuat kita hidup untuk menjalani kehidupan kita sehari-hari. Dalam hidup ini, pastinya kita mempunyai sebuah harapan atau tujuan hidup yang ingin kita capai. Dan untuk mencapainya kita harus melakukan usaha agar harapan itu tidak hanya menjadi sebuah angan-angan saja tetapi menjadi sebuah kenyataan yang luar biasa. Oleh karena itu, janganlah ragu untuk memiliki harapan, baik harapan kecil maupun harapan yang besar.

Cerita pengalaman harapan diatas adalah pengalaman mengenai harapan saya yang terealisasi dalam kehidupan saya. Tentunya, harapan saya tidak hanya itu saja, tetapi masih ada banyak sekali harapan-harapan yang ingin saya wujudkan. So,, saatnya kamu untuk membentuk suatu harapan dan merealisasikan harapan-harapan kamu untuk menjadi suatu kenyataan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar