Kamis, 18 April 2013

TIPS BERBUKA PUASA



Tips Saat Berbuka Puasa…
  • Awali dengan makan buah kurma dan air putih hangat, atau teh manis hangat. Fruktosa yang terkandung dalam kurms adalah gula alami yang mudah diserap oleh tubuh, sehingga mudah disuplai ke suluruh tubuh, setelah perut kita kosong. Kurma mengandung kalium, magnesium dan serat yang dapat menambah stamina tubuh.
  • Mengonsumsi buah-buahan seperti pisang juga bagus. Pisang kaya dengan kalium yang dapat menjaga keseimbangan air dalam tubuh, dan gula yang terkandung didalamnya, yaitu glukosa, baik untuk menambah tenaga.
  • Dibanding gula pasir, madu mengandung gula sederhana, sedikit gula kompleks sehingga mudah dicerna. Madu baik untuk pemanis makanan atau minuman serta menjaga daya tahan tubuh dari serangan berbagai mikroorganisme pathogen, karena mengandung zat antibiotik, antiseptik, dan antifungal.
  • Perbanyak minum air putih, agar terhindar dari dehidrasi. Air juga berfungsi untuk memulihkan keseimbangan cairan tubuh. Dalam satu hari kita membutuhkan minimal 2 liter atau 8 gelas air.
  • Hindari langsung mengisi perut dengan makanan atau minuman yang dingin, serta makanan manis berkarbohidrat tinggi, seperti kolak. Perut yang kosong jika diisi dengan makanan atau minuman yang dingin akan menyebabkan pencernaan kita terganggu, yang dapat menunjukkan reaksi tidak nyaman sesudahnya, misalnya perut terasa kembung. Sedangkan terlalu banyak makan makanan manis pada saat berbuka puasa menyebabkan perut kenyang sebelum waktu makan tiba.
  • Konsumsilah makanan yang bergizi, agar mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda.

SEMOGA DAPAT BERMANFAAT :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar